Fraud atau kecurangan adalah suatu
tindakan atau perbuatan yang dengan maksud disengaja menggunakan sumber daya
organisasi/perusahaan secara tidak wajar untuk memeroleh keuntungan pribadi
sehingga merugikan pihak organisasi/perusahaan yang bersangkutan atau pihak
lain. Dalam industri Perbankan, Fraud dapat di artikan sebagai tidandakan
sengaja melanggar ketentuan internal meliputi (1) Kebijakan, (2) Sistem dan (3)
Prosedur yang berpotensi merugikan bank baik material maupun moril.
Bank Indonesia (BI) berupaya
melakukan pencegahan fraud dengan mensyaratkan perbakan melakukan penerapan
pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).
GCG menjadi acuan di dalam beberapa kebijakan BI seperti pembatasan
kepemilikan saham pengendali, transparansi informasi suku bunga dasar
kredit, dll.
Jenis-Jenis Fraud
Fraud di Bidang Kredit
Aktivitas lainnya yang rawan fraud
adalah perkreditan, yakni memberikan kredit fiktif atau agunan fiktif, antara
lain dengan memanfaatkan berkas kredit yang lunas. Kemudian, aktivitas
accounting. Unit accounting melakukan perubahan parameter bunga sehingga biaya
dana meningkat dan dipindahkan ke rekening tabungan yang bersangkutan.
Des-12
|
Jan-13
|
%
|
||||
Fraud Actual Credit Card
|
Kerugian
|
Jumlah
|
Kerugian
|
Jumlah
|
Kerugian
|
Jumlah
|
(juta)
|
Kasus
|
(juta)
|
Kasus
|
(juta)
|
Kasus
|
|
Kartu Palsu
|
231,6
|
20
|
244,1
|
42
|
5,0
|
110
|
Kartu
hilang/dicuri
|
80,7
|
850
|
13
|
1011
|
(84)
|
19
|
Kartu Tidak
diterima
|
27,1
|
4
|
77,2
|
11
|
184,0
|
175
|
Fraud
Aplikasi
|
457,4
|
47
|
919,3
|
48
|
101,0
|
2
|
Transaksi
tanpa menggunakan kartu
|
1.649,9
|
651
|
2.019,8
|
635
|
22,0
|
1
|
Lainnya
|
18,5
|
2
|
139,1
|
5
|
649,0
|
150
|
Total
|
2.465,5
|
1.554
|
3.412
|
1.752
|
38
|
13
|
Total
Transaksi
|
18.556.567
|
20.067.650
|
17.960.041,7
|
20.021.962
|
(3,2)
|
(0,2)
|
Sumber:
Laporan Bulanan Sistem Pembayaran - Bank Indonesia Periode Feb 2013
Fraud di Bidang Operation
Dalam operasional perbankan,
beberapa aktifitas yang diidentifikasikan rawan fraud, antara lain aktivitas
pendanaan. Dalam hal ini, pegawai bank menarik dana dari rekening nasabah
dengan memanfaatkan kepercayaan nasabah. Pejabat bank dan petugas
customer service menerima titipan penyetoran deposito (door to door) dan diterbitkan
bilyet deposito, namun tercatat dalam pembukuan bank. Uang setoran digunakan
untuk kepentingan pribadi. Fraud lain dilakukan dengan menyetujui pencairan
deposito prime customer tanpa didiukung dengan bilyet asli. Contoh kasus
Citibank – Melinda Dee, dan Bank Mega – PT. Elnusa.
Fraud di Bidang Teknologi dan
Informasi
Penggandaan kartu kredit yang
menggunakan teknologi marak digunakan. Penggunaan teknologi chip masih
dalam proses masa transisi sehingga masih rentan terhadap pencurian informasi.
Kasus pencurian data nasabah Bank Mandiri di merchant “body shop”
menyebabkan nasabah dirugikan sebesar Rp.7,5Miliar. Pencurian data pada
saat swipe menyebabkan data di duplikasi dan digunakan untuk bertransaksi di
luar negeri (Amerika dan Meksiko).
Dari laporan di atas Jumlah kasus
fraud actual kartu kredit di Januari 2013 yang tercatat sebanyak 1.752 kasus
dengan kerugian mencapai Rp.3,41Miliar. Jumlah kasus ini meningkat sebesar 13%
dengan kerugian 38% apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya di Desember
2012.
Des-12
|
Jan-13
|
%
|
||||
Fraud Actual Debit Card
|
Kerugian
|
Jumlah
|
Kerugian
|
Jumlah
|
Kerugian
|
Jumlah
|
(juta)
|
Kasus
|
(juta)
|
Kasus
|
(juta)
|
Kasus
|
|
Kartu Palsu
|
12,1
|
2
|
500,3
|
94
|
4.028,54
|
4.600,00
|
Kartu
hilang/dicuri
|
0,8
|
702
|
2
|
752
|
116,89
|
712,00
|
Kartu Tidak
diterima
|
-
|
0
|
-
|
0
|
-
|
-
|
Fraud
Aplikasi
|
-
|
0
|
-
|
0
|
-
|
-
|
Transaksi
tanpa menggunakan kartu
|
-
|
0
|
-
|
0
|
-
|
-
|
Lainnya
(tertelan, dsb)
|
4,0
|
78
|
-
|
81
|
-
|
3,85
|
Total
|
782
|
502
|
927
|
2.886,02
|
18,54
|
|
Total
Transaksi
|
269.581.199
|
249.407.261
|
||||
Nilai
Transaksi
|
277.232.800
|
291.301.584,0
|
Sementara untuk kartu debet periode
Januari 2013, tercatat 927 ksusu dengan nilai kerugian mencapai Rp.502juta.
Jumlah kasus dan nilai kerugian mengalami kenaikan masings sebesar 18,54%
dan 2.886% dibandingkan dengan periode Desember 2012.
Untuk uang elektronik dan Kegiatan
Usaha Pengiriman Uang tidak ada kasus fraud yang dilaporkan.
Motivasi Melakukan Fraud
Pada umumnya fraud terjadi
disebabkan terjadi secara bersama, yaitu:
1. Insentif atau
tekanan untuk melakukan fraud
2. Peluang untuk
melakuakn fraud
3. Sikap atau
rasionalisasi untuk membenarkan tindakan fraud.
Adapun motivasi fraud disebabkan
adanya :
- Oportunity akibat lemahnya pengendalian internal organisasi,
- Kesempatan bagi seseorang/kelompok
- Pressure karena masalah keuangan pribadi, berjudi, narkoba, berhutang
- Rationalisasi pelaku fraud yang yakini bahwa tindakannya bukan merupakan suatu kecurangan tetapi merupakan haknya, karena telah berjasa untuk organisasi. Dalam beberapa kasus lainnya terdapat pula kondisi dimana pelaku tergoda untuk melakukan fraud karena merasa rekan kerjanya juga melakukan hal yang sama dan tidak menerima sanksi atas tindakan fraud tersebut.
Gejala Adanya Fraud
Fraud (Kecurangan) yang dilakukan
oleh manajemen umumnya lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan yang dilakukan
oleh karyawan. Oleh karena itu, perlu diketahui gejala yang menunjukkan
adanya kecurangan tersebut, adapun gejala tersebut adalah:
- Gejala kecurangan pada manajemen: moral dan motivasi karyawan rendah; departemen akuntansi kekurangan staf; tingkat komplain yang tinggi terhadap organisasi; penjualan/laba menurun sementara itu utang dan piutang dagang meningkat.
- Gejala kecurangan pada karyawan/pegawai: pengluaran tanpa dokumen pendukung; pencatatan yang salah/tidak akurat pada buku jurnal; penghancuran, penghilangan, pengrusakan dokumen; penggantian mutu barang
Perilaku Pelaku Fraud
Perubahan perilaku antara
lain: gaya hidup mewah, tagihan utang; keserakahan; perselingkuhan, dan
narkoba
Kasus Fraud Perbankan oleh pihak
internal (insider fraud)
- Pembobolan kantor kas BRI Tamini Square sebesar Rp.29Miliar yang melibatkan pihak internal bank. Modusnya membuka rekening atas nama tersangka lain kemudian mentrasfer ke rekening lain.
- Pelaku pihak internal Bank BII Januari 2011 dengan pemberian kredit dengan dokumen dan jaminan fiktif sebesar Rp.3,6Miliar.
- Pelaku juga pihak internal bank Mandiri yang mencairkan deposito nasabah dengan memalsukan tanda tangan senilai Rp.18Miliar
- Pembobolan dana nasabah Bank Jateng Syariah Surakarta sebesar Rp.6 Miliar oleh Kepala Cabang Bank dengan menggunakan tanda tangan palsu.
- Kasus pembobolan dana escrow account milik Elnusa di Bank Mega – Jababeka sebesar Rp.111 Miliar yang dilatarbelakangi oleh kerjasama dengan pihak intern untuk memalsukan akta dan tanda tangan pada blanko pencairan deposito dan dipindahkan ke deposit on call “palsu” atas nama Elnusa. Setelah jatuh tempo uang tersebut dialrikan ke rekening PT. Discovery dan PT. Harvest dan dana tersebut digunakan untuk bisnis investasi.
- Kasus pembobolan dana nasabah Citibank-Jakarta sebesar Rp.44Miliar yang dilakukan oleh karyawannya dengan mentransfer ke rekening pribadi atau kerabat.
- Pembobolan bank terbesar di Swiss, Union Bank of Switzerland (UBS) oleh pialang investasi Kweke Adoboli senilai USD.2Miliar.
- Bank terbesar di Prancis Societe Genarale rugi sebesar USD.6,8Miliar yang dibobol oleh karyawannya sendiri “Jerome Kerviel”
- Kebangkrutan Barings Bank, Inggris disebabkan pembobolan oleh karyawannya sendiri Nick Leeson sebesar USD.1,3Miliar di tahun 1995.
- Tiga bankir Swis Michael Berlinka, Urs Frei (Wegelin & Co Bank, Swiss) dan Roger Keller melakukan kejahatan pajak yang melibatkan nasabah Amerika Serikat di UBS Bank di Swiss. UBS Bank di Swiss membayar denda sebesar 780 juta dollar AS kepada Pemerintah AS atas tuduhan penggelapan pajak, dan menyerahkan identitas dari sejumlah nasabahnya kepada kejaksaan AS.
- Bank Tertua Swiss Bank Wegilen akhirnya mengakui telah menyembunyikan dana sebesar USD.1,2M dari dinas pajak AS., Internal Revenue Service (IRS). Bank tersebut juga memutuskan untuk berhenti beroperasi disebabkan pihak otoritas AS menginginkan pengungkapan bank-bank lainnya di Swiss yang juga melakukan praktek penggelapan yang sama seperti mereka.
Strategi anti Fraud
1. Kebijakan sistem rekrutment
2. Kebijakan rotasi
4. Kebijakan reward
5. Kebijakan dan prosedur remunerasi
6. Kebijakan dan prosedur know
your employee
7. Kebijakan dan mekanisme whistleblower
Pengendalian
1 Internal Control
2 Pemisahan fungsi
3 Dual Control
4 Dual Custody
Pengembangan Strategi Anti Fraud
Regulasi Bank Indonesia telah
memberikan gambaran umum mengenai kebijakan dan penerapan manajemen risiko dan
pengendalian intern sebagai strategi anti fraud secara umum melalui Surat
Edaran Bank Indonesia No.13/28/DPNP bertanggal 9 Desember 2011, maka
keterkaitan pilar-pilar, kebijakan serta program dalam strategi anti fraud yang
harus dikembangkan oleh bank adalah seperti pada tabel berikut:
Sumber :
http://www.analisahukum.com/2013/04/fraud-dalam-dunia-perbankan.html
Menarik sekali. Silahkan kunjungin website perbincangan khilafah http://transparan.org/
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
HapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Sy mahu kembali semua kemuliaan kepada Allah SWT atas apa yg Dia gunakan Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya adalah Mira Binti Muhammad dari bandar klang di malaysia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami sy mati dalam sebuah kereta. kemalangan dan sejak itu hidup menjadi sangat kejam kepada sy dan keluargaku dan sy telah cuba utk mendapatkan pinjam dari bank-bank di malaysia dan sy ditolak dan dinafikan kerana sy tidak mempunyai cagaran dan tidak boleh mendapatkan pinjaman dari bank dan sy sangat sedih
BalasHapusPada hari yg dikhaskan ini semasa saya melalui internet, sy melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjam dari Puan Rossa dan sy menghubungi beliau utk bertanya mengenai pinjam Rossa ibu dan bagaimana sebenarnya pinjam dari ibu Rossa dan dia memberitahu sy benar dan sy menghubungi Ibu Rossa dan memfailkan permohonan pinjam sy dan pinjaman sy diproses dan diluluskan dan dalam tempoh 24 jam saya mendapat wang pinjam sy di dalam akaun bank sy dan apabila sy menyemak akaun sy, wg pinjam sy adalah utuh dan sy sangat gembira dan Sy telah berjanji bahawa sy akan membantu memberi keterangan kepada orang lain mengenai syarikat pinjam ibu rossa, jadi sy ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada sesiapa yg memerlukan pinjaman utk menghubungi Puan Rossa melalui e-mel: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga boleh menghubungi sy melalui email saya: mirabintimuhammed @ gmail.com untuk maklumat serta kawan-kawan saya A nnisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Nama ::::: [Merissa Ahmed]
BalasHapusNegara :::::: [Malaysia]
Alamat ::::: [Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
Bandar :::::::::::: [Kuala Lumpur]
Amaun Pinjaman :::: [RM 450k. [berjaya]
Nombor WhatsApp :::: [+ 601125693785]
e_mail :::: [merissaahmed11@gmail.com]
Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan sehingga saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya ialah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberi pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai tahap tertentu tetapi saya tidak pernah putus asa sehingga saya melalui blog dan juga media lain saya mempunyai peluang untuk menemui [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya berasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya harus mengambil risiko satu kali yang akhirnya membawa kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar memohon pinjaman sebanyak RM 450K dalam masa 24 jam proses pembayaran berjaya dilakukan. Keseluruhan proses ini boleh dipercayai dengan jujur dan boleh dipercayai, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh dipercayai @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah ::
financialserviceauthority400@gmail.com
Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pertanyaan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: merissaahmed11@gmail.com
Nama ::::: [Merissa Ahmed]
Negara :::::: [Malaysia]
Alamat ::::: [Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
Bandar :::::::::::: [Kuala Lumpur]
Amaun Pinjaman :::: [RM 450k. [berjaya]
Nombor WhatsApp :::: [+ 601125693785]