Pengantar Bisnis Minggu 6
Nama Kelompok :
1. AHMAD FERDIANSYAH (20211426)
2. IRDA RIZKY A (23211671)
3. DIAN PALUPI MANDANSARI (22211036)
4. HARIS ISMUNANDAR (23211231)
5. SITI NURDANIAH PASARIBU (26211820)
1. Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran !
Jawab :
Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Sedangkan pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2. Berikan contoh masing-masing 5 untuk : jenis pasar industry dan pasar penjual !
Jawab :
Jenis Pasar:
· Pasar Lokal : pertemuan, penawaran, dan permintaan akan barang dan jasa sebatas daerah setempat.
· Pasar Regional : penawaran dan permintaan akan barang dan jasa dimana produknya untuk memenuhi kebutuhan daerah.
· Pasar Internasional : permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain.
· Pasar Jangka Pendek : pasar dengan keterbatasan faktor produksi yang tersedia.
· Pasar Harian : keseimbangan antara permintaan dan penawaran bersifat sementara dan jangka pendek.
3. Apa yang dimaksud dengan konsep inti pemasaran ?
Jawab :
Konsep inti pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4. Sebut dan jelaskan 4 variabel bauran promosi !
Jawab :
· Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
· Harga : jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan.
· Tempat : aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
· Promosi : merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5. Sebutkan beberapa alternative system pemasaran !
Jawab :
· Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
· Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
· Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pembeli yg ada.
· Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
Dengan cara:
- Memelihara kepuasaan pelanggan.
- Menyederhanakan proses pembelian.
- Mempertahankan kualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar