Pages

Minggu, 06 November 2011

Tugas 2 Pengantar Bisnis


Tugas Pengantar Bisnis

Kelompok:
1.      AHMAD FERDIANSYAH              (20211426)
2.      IRDA RIZKY A                                (23211671)
3.      DIAN PALUPI MANDANSARI     (22211036)
4.      HARIS ISMUNANDAR                   (23211231)
5.      SITI NURDANIAH PASARIBU     (26211820)

Minggu ke 2



  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI

  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN

  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN

  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH


Jawaban

Nomor 1.
Cara mendirikan UKM:
a). Adanya manusia: Tenaga Kerja dan Konsumen.
b). Adanya Uang: Modal Usaha.
c). Adanya Material: Tanah dan Sumber Alam.
d). Adanya Metode: Ide, Inisiatif Produktif, Pengambilan Keputusan,
     Menanggung Resiko.


Nomor 2.
1. Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak act seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan.
·         kawasan industri cikarang,
·         kawasan pulo gadung,
·         kawasan  industri krakatau,
·         kawasan industri daya kencanasia,
·         kawasan industri lion.
2. Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis.
·         perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang,
·         usaha dibidang pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar,
·         membangun usaha pondok pesantren di kaliwungu yang telah terkenal    sebagai kota santri,
·         membangun usaha membuat kain batik di pekalongan yang telah terkenal sebagai kota batik,
·         membangun usaha gerabah di plered yang telah terkenal sebagai       penghasil gerabah.
3. Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak act dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam.
·         Tambang emas di cikotok,
·         tambang aspal di buton,
·         tambang gas alam di bontang kaltim,
·         tambang tembaga di tembagapura,
·         tambang yodium di semarang.
4. Lokasi perusahaan yang mengikuti actor-faktor ekonomi
Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak actor ekonomi seperti actor ketersedian tenaga kerja, actor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
·         Perusahaan tambang emas di Freeport
·         Perusahaan kelapa sawit di Jambi
·         Perusahaan kapas di Bima
·         Perusahaan teh di Sukabumi
·         Perusahaan tembakau di Klaten

Nomor 3.
Tujuan Perusahaan:
a). Tujuan ekonomis yaitu: laba – pelanggan – pengembangan kebutuhan 
     masyarakat dalam hal produk – kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan
     kegunaan – inovatif berkesinambungan – competitive advantage dan
     comparative advantage (berdaya saing tinggi dan dalam jangka panjang).
b). Tujuan social yaitu: keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor
      produksi dan masyarakat.

Nomor 4.
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi actore-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun actor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam actor dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah actor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Nomor 5.
1.    Ekologi(fisik) : Pencemaran udara dan air, limbah sampah.
  1. Ekonomi       : Urbanisasi, pertambahan penduduk, pajak, dll.
  2. Sosial           : Tingkat kriminalitas dan tingkat pengangguran.
  3. Politik          : Pertahanan keamanan.
  4. Hukum          : Keputusan dan transaksi perusahaan.
Nomor 6.
Producer Oriented Aproach                   : Pendekatan yang berorientasi kepada produsen (seller’s market).
Consumer Oriented Approach      : Pendekatan yang berorientasi kepada konsumen (buyer’s market).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar